images

bimtek tingkatkan kemampuan jurnalis media center paser

Yogyakarta, InfoPublik – Untuk meningkatkan kemampuan di bidang jurnalistik, pengelola Media Center Kabupaten Paser Kalimantan Timur, mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang digelar Kementerian Komunikasi  dan Informatika (Kemenkominfo) di Yogyakarta, Rabu (10/4).

Kegiatan yang diikuti tiga orang pengelola media center Paser, terdiri dari reporter, fotografer dan editor ini mengikuti kegiatan bimtek yang berlangsung hingga tiga hari kedepan.

“Ini bimtek pertama yang diikuti pengelola media center Kabupaten Paser. Untuk reporter, fotografer, dan redaktur atau editor,” kata Ropii, Redaktur Media Center Paser sekaligus Kasi Media Publik Dinas Komunikasi Informatika Statistik Persandian.

Sementara bimtek yang diikuti puluhan jurnalis dari 50 lebih media center ini menurut Kasubdit Media Online Kementerian Kominfo, Nurlaili, adalah bimtek kali keempat yang dilaksanakan Kominfo tahun ini. Sebelumnya Kominfo telah melaksanakan bimtek diantaranya di beberapa daerah diantaranya Bogor dan Bali.

Direktur Pengelolaan Media Kementerian Kominfo Siti Meningsih saat membuka kegiatan menekankan bahwa jurnalis InfoPublik, selain melaporka kejadian juga memiliki tugas dan fungsi yang berbeda dibanding jurnalis pada umumnya.

“Yaitu tiga ‘E’ satu ‘N’. Empowering, Educating, Enlighting dan Nationalisme. Jadi informasi atau berita yang disampaikan jurnalis media center itu harus mengandung nilai yang bisa memberi kekuatan, mendidikan, mencerahkan, dan memilikin nilai nasionalisme,” katanya.

Kegiatan yang juga dihadiri Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Purwatno Widodo ini, menghadirkan tiga narasumber salah satunya Ahmed Kurnia, Pimpinan Redaksi InfoPublik.

Menurutnya, portal berita InfoPublik merupakan portal yang dipersiapkan untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan pelayanan publik di daerah masing-masing. “Informasi yang disampaikan tentang pelayanan publik, kebijakan pemerintah terhadap publik dan partisipasi masyarakat atau partisipasi publik,” kata Kurnia.

Reporter Media Center di daerah, dalam proses peliputan harus mampu menyampaikan informasi yang perlu diketahui masyarakat.

Seperti bagaimana kebijakan pemerintah tentang pembangunan sumber daya manusia di daerah, pembangunan Pendidikan, kesehatan, Program Keluarga Harapan (PKH), hingga kebijakan reformasi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Masih banyak sekali yang harus disampaikan reporter media center Paser di daerah tentang kebijakan pemerintah yang perlui diketahui masyarakat, atau respon dan tanggapan masyarakat terkait kebijakan yang telah dibuat pemerintah.

“Seperti pembangunan infrastruktur, pariwisata, ekonomi, hingga mitigasi bencana. Nah, itu masyarakat perlu tahun misalnya bagaimana mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana,” ujar Kurnia. (MC Kabupaten Paser/toeb)

 

sumber : http://infopublik.id


TAG

Dipost Oleh Ppid

PPID Kab. Paser

Tinggalkan Komentar