images

Bupat Fahmi: MoU ini Upaya Mempertajam Misi Meningkatkan Kualitas SDM yang Berdaya Saing

SAMARINDA- Bupati Paser dr Fahmi Fadli mengatakan, bidang  pendidikan menjadi salah satu sasaran strategis dalam visi misi Kabupaten Paser tahun 2021-2026 yaitu Paser MAS, Maju Adil dan Sejahtera. 

Karena menurut Fahmi saat penandatangan MoU Pemkab Paser dan Polnes Samarinda, kegiatan ini adalah upaya mempertajam misi yakni Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing.

“ Indikator yang bisa mengukur kualitas manusia di suatu daerah, termasuk di Paser yaitu dengan cara mengukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM mempunyai tiga unsur yaitu kesehatan, pendidikan yang dicapai, dan standar kehidupan perekonomian,” katanya. 

Pada tahun 2019 lanjut Bupati, IPM Paser berada pada angka 72,29 sedangkan pada tahun 2020 pada angka 72,04. Terjadi penurunan beberapa poin. Ini akan menjadi motivasi kita pada tahun 2021 agar IPM ini dapat meningkat,” tandas Fahmi. 

Mewujudkan masyarakat yang  sejahtera, dipengaruhi oleh tiga unsur  yang akan berdampak pada proses pembangunan manusianya. Dan pencapaian tersebut tidak terlepas dari seberapa besar kualitas manusia di Kabupaten Paser.

“Kita juga menyadari, pelayanan pendidikan merupakan kebutuhan mendasar selain pelayanan kesehatan, pelayanan publik dan lainnya. Karena selain membangun infrastruktur, daerah juga harus membangun suprastrukturnya,” ujarnya.

Peningkatan sumber daya manusia lanjut Bupati, sangat penting sebagai aset dan modal dalam pembangunan daerah dan salah satu langkah ril untuk mewujudkan hal tersebut adalah melakukan kesepakatan untuk bekerja sama meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Sumber daya manusia menjadi objek vital dalam membangun daerah. Untuk itu, kerjasama bidang pendidikan ini menjadi sangat penting dan strategis bagi sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berdaya saing,” sebutnya.

Untuk itu, besar harapan lanjut Fahmi kiranya jalinan kerja sama ini dapat membangun sinergi untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat Kabupaten Paser yang menimba ilmu di Politeknik Negeri Samarinda.

“Kesepakatan ini adalah perpanjangan kembali kesepakatan pada tahun 2019 yang berakhir pada Desember 2021.

Kepada mahasiswa Paser yang kini kuliah di Politeknik Negeri Samarinda, maupun di daerah lain, Pemerintah akan terus memberikan dukungan. Dengan harapan lulus tepat waktu, lulusan berdaya saing, dan berkontribusi kepada daerah,” pesanya. 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Paser, Bupati mengucapkan terima kasih. “Semoga kerja sama ini berjalan dengan baik dan lancar, bermanfaat positif bagi kedua belah pihak, serta apa yang menjadi tujuan kita dapat terwujud,” tambah bupati. (humas)

SUMBER : https://paserkab.go.id/berita/humas/bupat-fahmi-mou-ini-upaya-mempertajam-misi-meningkatkan-kualitas-sdm-yang-berdaya-saing


TAG

Dipost Oleh Ppid

PPID Kab. Paser

Tinggalkan Komentar