images

PEMKAB PASER BERUPAYA DAPATKAN PI 10 PERSEN MIGAS

TANA PASER – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Paser untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Yang terbaru, Pemkab Paser mengusahakan untuk mendapatkan Participating Interest (PI) 10 persen wilayah kerja Minyak dan gas (Migas). Keseriusan Pemkab terlihat saat rapat koordinasi penyelesaian administrasi PI 10 persen yang dipimpin Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, di ruang rapat Wagub, Rabu (6/3) siang.

Dalam pertemuan itu, Pemkab Paser yang diwakili Asisten Ekonomi Ina Rosana menyampaikan bahwa keinginan kuat untuk mendapatkan PI 10 persen adalah untuk mendongkrak PAD. Ina menyakatakan bahwa sejalan dengan keinginan ini, Pemkab Paser saat ini sedang mengupayakan komunikasi dengan DPRD untuk pembentukan BUMD yang khusus untuk menangani Migas.

“Kami sadar bahwa memang di Paser belum ada BUMD yang khusus menangani migas. Bersamaan dengan ini kami juga akan melaksanakan uji kelayakan ekonomi dan kajian akademis sesuai amanat aturan perundangan,” jelas Ina. Mantan Kepala Dinas Perikanan ini mengatakan bahwa ungkapan yang menyatakan kalau PI di Paser akan rugi jika dipaksakan akan menurunkan semangat Paser.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama Direktur Utama PT Migas Mandiri Pratama (MMP) mengatakan bahwa Cost Recovery atau biaya operasi yang dikeluarkan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk memproduksi migas di Paser terlalu tinggi, sehingga akan rugi. Belakangan, dia meralat ucapannya dan mengatakan bahwa bukan rugi, melainkan ada potensi rugi.

Dalam perkembangan rapat tersebut juga disampaikan bahwa Paser tidak perlu membentuk BUMD yang baru, namun hanya membentuk anak BUMD dari yang sudah ada, meskipun banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Daerah.

Usai pertemuan tersebut, Pemkab Paser bersama Pemkab Kutai Timur dan Biro Infrastruktur Setprov melakukan di ruangan berbeda untuk membahas draf MoU tentang PI 10 persen. Pertemuan ini juga dihadiri Kabag Organisasi Provinsi Riawati dan Dirut MMP. Asisten Ina hadir bersama Kabag Bina Ekonomi I Sugiyanto, Subbagian Energi Sumber Daya Mineral Roni Paslah dan Kasubbag Humas dan Kerja Sama Abd Kadir. (aks)


TAG

Dipost Oleh Ppid

PPID Kab. Paser

Tinggalkan Komentar