images

Pemkab Paser Deklarasikan Gerakan Antihoaks

Tana paser, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP), Selasa (17/4), mendeklarasikan gerakan anti hoax di halaman Kantor Bupati Paser seusai apel Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

Kegiatan diikuti para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser dan dihadiri Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Paser Zulkifli.

Adapun isi dari deklarasi tersebut yakni bahwa Masyrakat Paser menolak berita hoax dan ujaran kebencian melalui media sosial (medsos) dan media lain yang bisa menimbulkan perpecahan antar golongan, suku, agama, dan ras.
Isi deklarasi yang kedua bahwa masyarakat bersatu padu dan saling menghormati dan menguatkan untuk selalu menyuarakan kebenaran dan melawan berbagai berita hoax dan ujaran kebencian.

Dan terakhir, Pemerintah mengajak seluruh elemen masyarakat agar memanfaatkan medsos dan media lainnya secara positif dan produktif, cerdas dan mengedukasi.

Usai deklarasi, dilakukan penandatanganan kesepakan oleh Asisten Ekonomi Karoding yang mewakili Bupati Paser dan Ketua FKDM Zulkifli.

Menurut Karoding, seiring lajunya peningkatan teknologi, sudah seyogyanya ASN dituntut cerdas untuk memilah informasi.

“Saya harapkan pegawai dapat selektif dan menyaring mana berita yang benar dan tidak. Jika belum jelas, jangan disebar karna bisa menjadi fitnah,” katanya.

Untuk berita positif, lanjut Dia, dapat menjadi masukan membangun bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan etos kerja.

Sementara, Ketua FKDM Paser Zulkifli mengatakan, bahwa pihaknya akan tetap mensosialisasikan deklarasi tersebut ke kecamatan-kecamatan. Walaupun, FKDM telah mendeklarasikan juga gerakan anti hoax di Pendopo Lou Bepekat beberapa waktu lalu.

“Kita akan sosialisasikan ke kecamatan-kecamatan, ya meski sebenarnya beberapa waktu lalu kita sudah deklarasikan di Pendopo,” ungkapnya.

Zulkifli juga menyampaikan, bahwa peran ASN sangat penting dalam mencegah beredarnya hoax dan penyebaran ujaran kebencian di media sosial.

“Harapan kepada pejabat atau pengguna media sosial yang memiliki pemahaman, agar dapat menyaring berita hoax dan jangan mudah disebarkan,” ujarnya. (mc.kab.paser*/dkisp/eyv)

 

SUMBER : http://infopublik.id/kategori/nusantara/262265/pemkab-paser-deklarasikan-gerakan-antihoaks#

 


TAG

Dipost Oleh Ppid

PPID Kab. Paser

Tinggalkan Komentar