images

Pemkab Paser Nilai Perlu Kerjasama Berau di Sektor Pertanian

Tana Paser, MCKabPaser – Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya menilai perluya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dengan Pemkab Berau dalam membangun sektor pertanian.

“Kerjasama antara Pemkab Paser dan Pemkab Berau perlu dilakukan untuk kemajuan pertanian kedua daerah,” kata Katsul Wijaya saat menerima rombongan Pemkab Berau, di ruang Sekda Paser, Selasa (10/9).

Kegiatan yang  dibuka  Sekertaris  Daerah Paser  Katsul Wijaya, dan hadir pula Start Ahli ekonomi  I Made Sudarsana,  Asisten Ekonomi  Ina Rosana,  Serta  adapuan  dari Pemkab  Berau yaitu  Staff ahli Pemerintahan Kabupaten  Berau  Muhammad  Halil.

Katsul mengatakan, permasalahan turunnya harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit memang terjadi di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Paser dan Kabupaten Berau.

Ia menilai perlu adanya kerjasama terkait penanganan TBS dan pertukaran pengalaman dalam menangani persoalan sawit di masing-masing daerah.

Kabupaten Paser, kata Katsul, memiliki luas 11.603, 94 Km², dengan luas daratan 10.851 Km² dan luas lautan 752, 76 Km².

Jumlah penduduknya 256 ribu jiwa, dimana 25.229 Kepala Keluarga melakukan pengelolaan tanaman sawit di 90.410 hektare luas lahan. 

“Jumlah produksinya 1.364.429 Ton. Ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik Tahun 2015,” kata Katsul.

Dengan luasan lahan yang dimiliki Kabupaten Paser maka menjadi wajar jiki visi dan misi Pemkab Paser adalah memberdayakan potensi lahan sawit untuk kemajuan daerah.

Sementara itu  Staff Ahli Pemerintahan  Kabuapaten Berau Muhammad Halil yang memimpin kunjungan, menegaskan pertemuan ini selain  besilaturami dengan Kabupaten  Paser, juga dalam rangka bertukar informasi tentang penglolaan kelapa sawit.

“Tujan  kami ke Paser  yaitu untuk  belajar cara  pengelola   sawit meski, saat  ini disebagian  wilayah termasuk juga, berau mengalami penurunan  harga TBS “ ungkap Hallil.

Halil berharap dengan pertemuan tersebut, Pemkab Berau dapat belajar banyak pengelolaan sawit di Paser dan diterapkan di Berau. (MC Kabupaten Paser)

 

SUMBER : https://paserkab.go.id/berita/kominfo/pemkab-paser-nilai-perlu-kerjasama-berau-di-sektor-pertanian


TAG

Dipost Oleh Ppid

PPID Kab. Paser

Tinggalkan Komentar