images

tiga kecamatan di paser menggelar rapat pleno hasil pemilu

Tana Paser, InfoPublik - Dari 10 kecamatan di Paser, tiga kecamatan di antaranya, Jum'at (19/4) melaksanakan rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara.

"Hari ini sudah mulai tiga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang lakukan pleno. PPK Kuaro, Long Ikis, dan PPK Long Kali," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paser Abdul Qoyim di Tanah Grogot,  Jumat (19/4).

Sementara itu 6 kecamatan lainnya lanjut Qoyim, dipastikan akan menggelar pleno pada Sabtu (20/4/2019). Untuk 1 kecamatan yakni Kecamatan Tanjung Harapan menyusul Minggu (21/4/2019). "Sisanya Sabtu. Kecuali Kecamatan Tanjung Harapan, plenonya hari Minggu," kata Qoyim.

Pada Pemilu serentak di Paser tercatat ada 188.845 pemilih yang tersebar di 10 kecamatan. Di 10 kecamatan itu tersebar 807 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Qoyim menerangkan, sehari setelah pemungutan suara atau Kamis (18/4/2019) kemarin, seluruh surat suara sudah dikembalikan ke 10 PPK. "Kemarin (Kamis 18/4/2019) pengembalian logistik,  surat suara rampung. Semuanya sudah dikembalikan ke PPK," ujarnya.

Terkait berapa persentase partisipasi pemilih, KPU Paser saat ini belum bisa memastikan berapa jumlahnya. "Partisipasi pemilih belum tahu berapa persentase, namun melihat antusias masyarakat, partisipasi pada Pemilu kali ini sepertinya cukup tinggi," kata Qoyim. 

Pemilu serentak  kata Qoyim, ditetapkan melalui rapat pleno secara berjenjang dari tingkat kecamatan (PPK), hingga tingkat KPU Pusat. KPU akan melakukan scanning C1 untuk dimasukkan ke dalam sistem hitung (situng) cepat. 

"Scanning C1 tanggung jawab kami, sebagai bentuk keterbukaan informasi, namun tetap, hasil pemungutan suara diperoleh melalui pleno secara berjenjang dari PPK," pungkas Qoyim. (MC Kabupaten Paser) 

 

SUMBER : http://infopublik.id/kategori/nusantara/343078/tiga-kecamatan-di-paser-gelar-rapat-pleno-hasil-pemilu


TAG

Dipost Oleh Ppid

PPID Kab. Paser

Tinggalkan Komentar