bupati fahmi hadiri haul akbar datu pasir mayang

bupati fahmi hadiri haul akbar datu pasir mayang

TANA PASER – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menghadiri Haul Akbar Datu Pasir Mayang, Minggu (31/12/23) di Desa Pasir Mayang Kecamatan Kuaro. Datu Pasir Mayang yang dikenal dengan Sayyid Maulana Imam Musthafa bin Sayyid Ahmad Maulana Khairuddin (Imam   Mempawah )  merupakan penyebar agama Islam di Paser.

Masyarakat dari Kabupaten Paser maupun dari luar Kabupaten Paser turut serta pada Haul Datu Pasir Mayang, terlebih lagi  kegiatan tersebut mendatangkan Guru Besar dari Kalimantan Selatan yang dikenal dengan Guru Danau sehingga membuat masyarakat ingin mendengarkan ceramahnya. 

Guru Danau atau KH. Asmuni merupakan ulama dari Kalimantan Selatan. Guru Danau memiliki 3 tempat pengajian yaitu di Danau Panggang, Bitin dan Mabuun. Cara penyampaian ceramah Guru Danau dalam pengajian cukup unik dan termasuk ulama yang humoris dengan menggunakan bahasa yang dominan di Kalimantan Selatan yaitu Bahasa Banjar serta dibumbui dengan contoh – contoh lokalitas sosiobudaya sehingga membuat isi ceramahnya mudah dipahami masyarakat setempat. Ada pun materi yang disampaikan Guru Danau dalam beberapa pengajian meliputi materi tauhid, fiqih, tassawuf, hadist, tafsir dan kisah – kisah lainnya. 

Sebelum melakukan haul rombongan beserta masyarakat melakukan ziarah ke makam Datu Paser Mayang dan para syuhada lainnya. 

Pada momen Haul Datu Pasir Mayang,  Bupati Fahmi terlihat khidmat mendengarkan ceramah dari Guru Danau. (Prokopim)