Bupati Fahmi Terima Penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi di Bondowoso

Bupati Fahmi Terima Penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi di Bondowoso

Bondowoso - Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menerima penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Hotel Grand Padis, Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (17/11/2022).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar (Gus Menteri) kepada Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli  atas pencapaian 100% pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Paser.

Kegiatan yang dirangkai dengan hari percepatan pembangunan daerah mengusung tema prioritas dan keberpihakan untuk pembangunan daerah tertinggal, kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Chandra Irwanadhi

"Tahun 2020-2024 telah memberi arah sekaligus sistem yang sistematis dan berkelanjutan untuk pencepatan pembangunan daerah tertinggal mulai dari kesenjangan, mempercepat terpenuhinya kebutuhan dasar serta sarana dan prasarana di daerah tertinggal, hingga meningkatkan koordinasi, integrasi, dan singkronisasi antara pusat dan daerah, dalam perencanaan, pendanaan pengendalian dan evaluasi", kata Gus Menteri.

Sejak tahun 2021 Kementerian Desa mulai mengimplementasikan SDGs (Sustainable Development Goals) desa sebagai arah pembangunan desa, SDGs ( Sustainable Development Goals) Desa memperjelas dan memudahkan arah pembangunan serta memperhatikan produk manfaat dan dampak pembangunan.

Bupati Fahmi meminta  Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa agar semua ekosistem yang ada di desa segera ditangani, salah satunya Bumdesma yang  ada di Kabupaten Paser. Hal tersebut dikarenakan aset yang dimiliki oleh Bumdesma di Paser dari 9 Bumdesma, baik itu termasuk aset tetap maupun aset piutang yang ada di masyarakat kisarannya cukup besar. Di Bumdesma, desa memiliki kewajiban untuk menyertakan sahamnya.

Sementara itu Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Chandra Irwanadhi mengharapkan Bumdesma dapat menjadi wadah untuk meningkatkan ekonomi di desa, karena di Bumdesma salah satu kegiatan utamanya yaitu meminjamkan dana bagi pelaku-pelaku usaha kecil. (Humas)

SUMBER : https://paserkab.go.id/berita/humas/bupati-fahmi-terima-penghargaan-dari-menteri-desa-pembangunan-desa-tertinggal-dan-transmigrasi-di-bo

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment