DKISP Paser Ikuti Rakor SP4N LAPOR! Cermin Semangat Pelayanan Publik Inklusif dan Transparan di Kaltim

DKISP Paser Ikuti Rakor SP4N LAPOR! Cermin Semangat Pelayanan Publik Inklusif dan Transparan di Kaltim

Balikpapan, PPID - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser mengikuti Rapat Koordinasi Pengelolaan Pengaduan Melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Dalam Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) di Hotel Grand Senyiur, Balikpapan, Kamis (7/3/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Pj Gubernur Kaltim yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Muhammad Faisal, dan dihadiri juga oleh Ombudsman RI, jajaran pejabat Pemerintah Provinsi Kaltim, perwakilan Kabupaten/Kota serta dari DKISP Paser Pranata Humas Ahli Muda Dwi Wahyudi dan Analis Informasi Rizal Rachman.

Pj Gubernur Kaltim melalui Kepala Diskominfo Provinsi Kaltim Muhammad Faisal menegaskan bahwa SP4N-LAPOR! bukan hanya alat teknologi, tetapi juga cermin dari semangat pelayanan publik yang inklusif dan transparan.

"Melalui platform ini, setiap suara warga dapat didengar, setiap keluhan bisa diatasi, dan setiap masukan memiliki nilai yang sama dalam pembangunan daerah," ujar Faisal.

Aplikasi SP4N-LAPOR! mendorong kinerja OPD dalam merespon aduan masyarakat, sehingga percepatan pelayanan publik dapat terwujud.

Pemerintah juga mengakui peran penting media sosial dan website dalam menyampaikan informasi dan memperkuat keterlibatan masyarakat. Website dan media sosial yang efektif menjadi saluran informasi dan ruang dialog antara pemerintah dan masyarakat.

Dalam rakor ini menghasilkan beberapa poin penting, di antaranya yakni, Penguatan Pengelola SP4N-LAPOR! dengan dukungan kebijakan dan regulasi yang komprehensif, Pembentukan Surat Keputusan Tim Pengelola Pengaduan di tingkat instansi pada pemda, Kebijakan tentang Penghargaan dan Sanksi bagi Unit-Unit Pengelola Pengaduan di instansi tersebut, Rencana aksi pengelolaan pengaduan untuk keberlanjutan yang baik.

Faisal juga mengharapkan rakor ini dapat memberikan pemahaman kepada admin SP4N LAPOR! di semua pemerintahan daerah, baik provinsi maupun kab/kota, terkait regulasi pusat dan daerah, serta isi aduan yang dilaporkan oleh masyarakat.

"Dengan semangat gotong-royong dan kolaborasi semua pihak, diharapkan terciptanya pelayanan publik yang lebih berkualitas, transparan, dan responsif di Kalimantan Timur, demi mewujudkan Kaltim yang lebih baik dan sejahtera untuk semua," tutup Faisal. (rr/ppid)

Related Posts

Leave a Comment